Senin, April 25, 2011

21 APRIL

Bagiku tanggal 21 April gak hanya jadi hari untuk memperingati kartini's day aja. Yah emank aku selalu senang dengan peringatan kartini yg selalu dirayakan dengan meriah waktu aku SMP dulu. Masi inget and bakal terus melekat setiap momen pas lomba macem2 lah pokoknya.

tapi sejak 21 April 2007, Aku harus mengingat hari kartini ini dengan cara agak berbeda dari dulu. Yupz nenekku ( dari pihak Ibu) meninggal dengan tenang di usia 80 tahun. Aku inget banget kejadianya, cuz sebelom berangkat skul aku uda punya firasat gag enak gitu. Lalu pas pelajaran p'Ratman (kelas 2 SMA waktu itu), aku lom kelar denagn tugas gambar entah garis apaan itu, tiba2 aku dijemput ama Om ku. Aku langsung taw apa yg terjadi waktu itu en sepanjang perjalanan aku menangis tanpa suara. terus sempet nangis lagi setelah nyolatin en bacain yasiin itu. Cuma 2 kali itu aku nangis setelah ditinggal nenekku. Sebenarnya aku lumayan deket ama beliau, dulu waktu kecil (TK apa SD) aku kalo maen gitu jam 12 tet mesti dipanggil pulang buat makan en shalat dzuhur. Tapi dasrnya bandel kadang aku ngeyel gitu gag maw pulang cuz malu ama temen laen kalo harus pulang demi buat makan doank. Setelah SMP aku sering nganterin beliau ke tempat budheku atau adeknya kalo pengen nginep cuz benere nenekku tinggal serumah ama aku. Lalu beliau ula yg suka ngajak aku nyekar ke makam en nunjukin makam eyang kakung en mbah buyutku. Bahkan kadang aku merasa leih dekat dengan nenekku ketimbang ama ibuku. Dulu setiap aku ujian gitu tengah malem pasti dibangunin buat salat tahajud en makan sahur. Berkat doanya pula makane aku tiap ujian sukses. Kao lagi cerita2 gitu aku sering denger cerita pengalamannya saat jaman perang ato PKI yg orang ndo makane cuma ketela de el el lah. tapi favoritku adalah saat beliau cerita tentang masa lalunya dan akhirnya ngasih nasihat ke aku. Dan sampai sekarang aku masih memegang kata2 en contoh yg beliau ajarkan.

21 April 2011, Nenek (dari pihak ayah) akhirnya juga meninggal cuz uda lama kena diabetes en parkinson. Jam 12an malem gitu dikabarin en tetep aja kaget meski uda nyangka bakal kek gini. Aku emang gag terlalu akrab ma nenek ku yg ini jadi gag terlalu bayak cerita dah. Karena agamane Hindu untuk pertama kalinya aku akhire ikut sembahyangan ( lama banget ). Menurutku ey agak mirip ma katolik cuz pake nyanyi2 en jenazah neneku ku kaga dipocong tapi didandanin pake kebaya gitu. cuma mungkin orang Hindu yg nyanyi smabil bakar dupa ma menyan aja yg bedain. Aku gag terlalu taw lagunya cuma kadang iso nangkep ada kek kisah barata terus kepercayaan reinkarnasi gitu dah. Lagunya se cuma taw Om shanti2 cuz agak mirip ma lagu di pilm india yg lagi booming. hoho..

En it's the end the post about 2 of my grandmom yg herannya meninggal di tanggal yg sama,, semoga mereka diberi kedamaian. Amiiinnn.........

0 komentar:

Posting Komentar